Lepet Ketan Pisang

Ketika ngeliat "seonggok" pisang yang sudah mateng bener, trus ada ketan, saya langsung kepikir ngebuat kue tradisional ini. Waktu kecil, saya pernah ngeliat temen ibu saya ngebuat kue ini di rumah. Saya gak pernah tau takarannya, bahkan nama kue ini. Saya cuma ngeliat bahan-bahan yang digunakan dan langkah-langkah ngebuatnya. Sejak itu, saya gak pernah icip lagi kue ini. Baru sekarang saya buat sendiri, sambil mengingat kue ini dan citarasanya. Hasilnya pas dengan apa yang pernah saya coba dulu. Saya kira namanya lepet ketan pisang. Walaupun langkah pembuatannya sedikit berbeda dengan lepet ketan pisang pada umumnya.

Bahan-bahan

1 kg ketan
750 g pisang raja/tanduk/kepok yang matang (klo bisa yg matang sekali)
200 ml santan kental instan (klo pengen lebih gurih, bs ditambah tp airnya dikurangi sejumlah santan yg ditambahkan)
600 ml air
6-8 sdm gula pasir (tgt kesukaan manisnya)
secukupnya garam
6 lbr daun pandan, masing-masing bagi dua
secukupnya daun pisang, lemaskan

Cara membuat

1 Setelah dicuci bersih, ketan direndam air selama -+ 3 jam. Setelah 3 jam, tiriskan.

2. Sementara itu, campurkan santan, air, gula pasir, dan garam. Aduk hingga rata. Sisihkan.

3. Pisang dikupas, lalu bagi empat memanjang, kemudian potong-potong sekitar 2 cm. Lakukan untuk masing-masing pisang hingga selesai. Sisihkan.

4. Siapkan kukusan yang dialasi daun pisang seluruh permukaannya. Siapkan juga daun pisang yg telah dilemaskan (bisa dijemur, dikukus, atau direndam air panas sebentar) untuk membungkus adonan seusai ukuran/jumlah adonan. Sisihkan.

5. Taruh dan atur daun pandan di dalam kukusan. Kemudian masukkan ketan diatasnya, ratakan. Kukus selama 15 menit.

6. Setelah 15 menit, tuang sedikit demi sedikit hingga habis larutan santan, air, gula pasir dan garam sambil di aduk rata. Setelah itu masukkan potongan pisang, aduk rata. Lanjutkan kukus selama 15 menit. Setelah itu angkat.

7. Ambil secukupnya ketan, letakkan di daun pisang. Bungkus secara rapat dan rapi sesuai selera. Lakukan hal ini hingga adonan habis. Kemudian susun/letakkan di kukusan. Kukus selama -+ 25 menit atau sampai matang. Angkat. Kue ini enak disantap dingin (dimasukkan ke dalam kulkas dulu) bersama air teh hangat.

Selamat mencoba semoga bermanfaat 😘😘